JEJARING SOSIAL
A.
Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur
sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini
menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai
dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini
diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu
struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu
atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik
seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
B.
Sejarah Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial diawali
oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan
teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak
langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun
1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh
Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace,
dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing
yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi
bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo
meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace,
diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005.
C.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial
berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk
dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share
file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan
layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya
dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial
memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing
didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
a) Facebook
Facebook
merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial, yang dibentuk oleh Mark
Elliot Zuckenberg (14 Mei 1984), pada tanggal 4 Februari 2004.
Atau dapat juga diartikan
facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg
yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak,
ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai
account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan
pengguna lain kita harus masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook
login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu
diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru.
Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal
memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir.
Sejarah facebook berawal ketika
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada
mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di
wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam
kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang
memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari
seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula
jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.
Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi
siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook
terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom,
bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran
tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga
yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar,
Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang
diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang
dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari
25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009,
penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010
ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar.
Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di
tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500
juta user.
b) Twitter
Twitter (www.twitter.com) merupakan sebuah situs social
networking yang juga disebut mikro blogging device dengan kata lain blog
‘sangat kecil’ atau mikro. Disebut demikian karena pada umunya blog atau
website terdiri atas banyak halaman dengan banyak artikel yang bercerita
panjang lebar tentang suatu topik. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah
menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam
kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat
menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs
Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti
Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser
Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori
mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan
informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200
karakter.
Jika layanan pesan berbasiskan
SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka
Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang
baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya.
Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan
balasan/respon dari pembacanya.
Saat ini, layanan Twitter banyak
digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal Israel),
organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis misal
Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun
jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama
akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu
rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
c) Mig33
Mig33 Merupakan Aplikasi Chat
Berbasis Java. Mig33 adalah komunitas mobile yang menyediakan fasilitas
komunikasi dengan teman-teman dan keluarga melalui berbagai macam layanan
online di dalam handphone, PC. Dengan mig33,Kita Dapat chating dan mengirim
sms, email,menelpon ke luar negeri dengan murah, tukeran foto, komunikasi
dengan teman lama dan bahkan saling bertemu.
D.
Manfaat Jejaring Sosial
Tidak
selamanya jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok
jika kita menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa 8 Manfaat
Positif Jejaring Sosial.
1. Mempelopori
Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca
Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi dan
Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan pendapat.
2. Menjadikan
Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah
penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki
tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka
itu sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan
diri yang tinggi.
3. Mempermudah
Komunikasi
Yang
namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya
lewat sebuah media yang bernama internet.
4. Mempermudah
Menyampaikan Informasi
Kemungkinan
Masa Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu
untuk mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus menyampaikannya dari jejaring
sosial, karena jejaring sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.
5. Bisa
Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan
jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda memiliki
Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan
Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan
membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
6. Bisa
Mempelajari Bahasa Asing
Yang
namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat internasional dan Bahasa
Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu
kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.
7. Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya
kita itu memiliki hak dan kewajiban untuk menyampaikan pendapat. Tapi
menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung
jawab. Misalnya, kita membagikan link di akun twitter kita. Tapi link tersebut
isinya tentang ilmu pendidikan / hal yang bermanfaat.
8. Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada
sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi maling. Pada
saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu anggota
keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak
temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan temanya
bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi langsung ke
TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut belum sempat
kabur
E.
Dampak Negatif Jejaring Sosial
Berikut dibawah ini beberapa
ulasan singkat tentang efek negatif jejaring sosial terutama situs Facebook dan
Twitter bagi anak dan remaja:
1. Malas
Ini
efek negatif yang paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya
anak. Mereka menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik
dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan
kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh anak.
2. Egois
Situs
jejaring sosial akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi
tidak sadar dan peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka
dihabiskan didepan internet. Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang
bahkan tidak berempati dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya.
Kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh
kesenangannya terhadap teman-temannya di situs jejaring sosial.
3. Merusak
Tata Bahasa
Situs
jejaring sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam
melakukan interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata
bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka
berkomunikasi semau mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli
dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti
membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya
dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis
mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.
4. Makanan
Predator
Situs
jejaring sosial ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan
kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah
benar-benar orang yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah
tahu apakah teman tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti
keadaannya didunia nyata. Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di
situs jejaring sosial maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak
dari tindak kejahatan baik fisik maupun psikis.
Maka
dari itu, bagi para guru, orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif
situs jejaring sosial haruslah disampaikan kepada anak. Bentengilah generasi
kita dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa membentengi
diri sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua dan gurunya.
F.
Kesimpulan
Pada
pokok pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari
pembahasan makalah.
1. Jejaring
sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda
tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2. Jejaring
sosial ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin
memilih yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user.
3. Jejaring sosial ada dampak positif dan dampak
negatifnya. Tergantung user bagaimana memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar